1. Audit
Manajemen
Audit
manajemen seringkali diartikan sama dengan audit operasional. Pengertian
sederhana dari audit manajemen adalah investigasi dari suatu organisasi dalam
semua aspek kegiatan manajemen dari yang paling tinggi sampai dengan ke bawah
dan pembuatan laporan audit mengenai efektifitasnya atau dari segi
profitabilitas dan efisiensi kegiatan bisnisnya. Sedangkan pengertian sederhana
audit operasional adalah uraian aktifitas perusahaan yang sistematis dalam
hubungannya dengan tujuan untuk melihat, mengidentifikasikan peluang perbaikan,
atau mengembangkan rekomendasi untuk perbaikan. Jelas kedua pengertian serupa
karena pemeriksaan manajemen dilakukan saat manajemen beroperasi.
2. Tahapan
Audit
a. Audit Manajemen
Menurut
Hamilton (1986:5) Definisi ruang lingkup pekerjaan Management audit bisa
dilakukan dalam lingkup yang umum dan audit akan meliputi suatu penilaian
terinci atas tiap-tiap aspek operasional organisasi. Management audit juga bisa
dilakukan atas suatu masalah tertentu untuk mencari bukti-bukti yang menjadi
penyebabnya serta merekomendasikan tindakan koreksi tertentu. Perencanaan,
persiapan dan organisasi Ketika suatu lingkup pekerjaan sudah ditentukan, tim
audit akan membuat suatu tindakan perencanaan atas pelaksaanaan pekerjaan.
Perencanaan meliputi langkah-langkah yang harus dilakukan dan estimasi waktu
yang diperlukan untuk mencapai setiap tahap pekerjaan. Tiap sumber bukti yang
berkaitan dengan area yang diperiksa harus dianalisa secara mendalam dan terus
diperbaharui.
1. Pengumpulan fakta dan dokumentasi informasi
terbaru.
Pada
tahap ini dilakukan pengumpulan informasi data yang berkaitan dengan area
lingkup pekerjaan yang ditentukan. Data bisa diperoleh dari surat menyurat,
kebijakan dan prosedur, serta semua informasi informal lainnya yang bisa
diperoleh secara langsung dari karyawan lewat wawancara.
2. Riset dan analisa.
Tahap
ini merupakan tahap yang paling penting dalam proses management audit. Pada
tahap ini dilakukan pengumpulan bukti dan fakta-fakta yang dianggap penting
dalam mendukung laporan akhir yang akan diserahkan kepada top manajemen.
3. Laporan.
Tahap
ini meliputi ringkasan atas pekerjaan yang dilakukan, gambaran mengenai ruang
lingkup pekerjaan, rincian mengenai temuan-temuan utama dan diskusi mengenai
alternatif-alternatif yang dapat digunakan top manajemen untuk mengurangi
permasalahan yang ada.
3. Manfaat Audit manajemen
a) Mengevaluas
itu
juan, kebijakan,
sasaran, peraturan, prosedur dari struktur organisasi yang belum
ditentukan
sebelumnya.
b) Mengevaluasi
kriteria
pengukuran
pencapaian
tujuan
organissasi
dan
penilaian
prestasi
manajemen.
c) Secara
independen
dan
objektif
menilai
prestasi individual
dan kegiatan unit organisasi tertentu.
e) Menemukan/mengidentifikasi
masalah
organisasi yang
timbul dan jika mungkin menentukan penyebabnya.
f) Menilai / meyakini
reliabilitas
dan
manfaat
berbagai
laporan
pengendalian
manajemen.
0 Response to "Administrasi dan Manajemen Audit"
Post a Comment
Berkomentarlah yang Bijak.... Untuk memajukan blog ini Terimakasih