Elemen - Elemen Yang Harus Dimiliki Pada Desain Web


Desain untuk web pada dasarnya mengikuti prinsip desain grafis secara umum. Tampilan serta user interface dalam internet, maupun sistem informasi berbasis komputer diperlukan untuk memudahkan pengguna mencerna isi dari informasi yang terdapat di dalamnya. Faktor psikologis pengguna sangat berpengaruh akan berhasil dan tidaknya suatu informasi sampai ke audiens sesuai dengan pesan  yang dikehendaki oleh pengrimnya. Karena manusia berorientasi pada visual, maka tampilan serta  kemudahan untuk menggunakannya akan sangat bengaruh pada keberhasilan desain. Bila suatu web site ternyata tidak banyak dikunjungi oleh pengguna, maka desain grafis mempunyai andil dalam kegagalan pengembangan sistem informasi.
Elemen -  Elemen Yang Harus Dimiliki Pada  Desain Web
Elemen -  Elemen Yang Harus Dimiliki Pada  Desain Web

Desain grafis khususnya halaman-halaman web terdiri dari beberapa elemen sebagai berikut:

1.Teks
Teks adalah bagian yang paling utama untuk menampilkan informasi. Tujuan pengguna mengunjungi web site adalah untuk membaca informasi yang ada di dalamnya.

2.Grafik dan Image
Grafik dan image merupakan elemen yang dapat membantu menjelaskan informasi. Dengan penggunaan grafik maupun image orang lebih mudah memahami suatu pesan. Grafik dapat dibuat dengan draw program dan image dapat dibuat dengan paint program yang juga dapat memanipulasi foto.

3.Animasi
Animasi merupakan sarana untuk menampilkan informasi dengan baik, di samping animasi merupakan daya tarik yang mudah diingat bagi pengguna. Animasi dapat dibuat dengan komputer menggunakan perangkat lunak yang ada, misalnya Macromedia Flash.   

4.Video
Video dapat merupakan hasil suatu rekaman dengan kamera video maupun hasil pengolahan dengan komputer seperti 3D Studio Max, Maya dan lain-lain.

5.Suara
Suara melengkapi desain web, memberikan efek khusus pada suatu tampilan animasi serta memberikan kenyamanan bagi pengguna yang mendengarkannya. 

6.Interctive Link
Interactive link dapat menggunakan button yang berupa teks, simbol, grafik, maupun image. Interactive link menggunakan gambar dapat lebih mudah digunakan oleh pengguna. Contohnya, penggunaan icon lebih disenangi dari pada pull-down menu, walaupun begi sebagian orang tetap menyukai penggunaan menu.

0 Response to "Elemen - Elemen Yang Harus Dimiliki Pada Desain Web"

Post a Comment

Berkomentarlah yang Bijak.... Untuk memajukan blog ini Terimakasih