Komunikasi Data Rangkuman Materi Kuliah Oleh KunKom

kunaikomputer.com - Sobat KunKom apakabar ? sehat pastinya, itu yang di harapkan semua orang. Asalamualaikum Wr. Wb. kali ini KunKom mau sharing ilmu lagi menganai Teknologi dan Informasi kali ini mengenai Komunikasi data, yap sesuai judulnya materi ini saya rangkum dari materi Dosen yang diberikan kepada kami mahasiswa Oracle 6, tapi sebelumnya maaf kata bila ada definisi atau pemahaman mengenai matei yang akan saya sampaikan jika tidak sama dengan pendapat sobat KunKom. dan saya juga butuh dukungan dengan cara komen sesuatu yang mungkin bisa membangun artikel ini lebih sempurna, Oke langsung ke materi.
Komunikasi Data

Komunikasi Data


A. Komunikasi Data
Apa itu kumunikasi data dari kalimatnya aja sudah di sokong oleh dua kata yaitu Komunikasi dan Data. untuk bisa memahaminya mari kita simak satu persatu.
1. Komunikasi 
Komunikasi adalah Pertukaran informasi antara 2 pihak dengan menggunakan simbol, suara, dll. Yang dapat difahami antara keduanya melalui media perantara. media perantara adalah media yang membolehkan informasi sampai pada tujuannya melalui percakapan di telefon, melalui TV, surat, buku, email, dll.
2. Data
Data adalah kumpulan dari fakta-fakta yang merupakan representasi dari dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia, hewan, konsep, simbol, huruf, bunyi, teks, gambar dan kombinasinya, data bisa di contohkan berupa Teks, Suara ataupun Video.
3. Komunikasi Data
Adapun definisi dari Komunikasi data Merupakan perpindahan data melalui media komputer yang diwakili oleh digit-digit biner dari satu tempat ke tempat lain dalam bentuk elektronik, gelombang atau cahaya contohnya :Telepom.

B. Tujuan Komunikasi Data
Adapaun tujuan komunikasi data tidak lain adalah untuk mengantarkan dan  menerima informasi  diantara dua pihak, untuk lebih jelas amati gambar dibawah ini :
Keterangan :
a. Source (Sumber)
Alat ini membangkitkan data sehingga dapat ditransmisikan. Contoh : telepon  dan PC;
b. Transmitter (Pengirim)
Biasanya data yang dibangkitkan dari   sistem sumber tidak ditransmisikan secara langsung dalam bentuk aslinya. Contoh : modem, satu alat transmitter;
c. Transmission System (Sistem Transmisi)
Berupa jalur transmisi yang menghubungkan antara sumber dengan tujuan   ;
d. Receiver (Penerima)
Receiver menerima sinyal dari sistem  transmisi dan menggabungkannya ke dalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap oleh tujuan;
e. Destination (Tujuan) :
Mengakap data yang dihasilkan oleh receiver.

C. Transmisi
Supaya data dapat diterima oleh penerima diperlukan satu medium untuk membawa data tersebut.Medium tersebut dikenal sebagai saluran transmisi. Sistem transmisi dapat membawa data secara listrik maupun elektro optik. ada 2 macam media transmisi diantaranya :
1. Media Guided 
adalah informasi / data ditransfer melalui media yang tampak secara fisik sepanjang jalur dimana sinyal disebarkan meliputi twisted pair, coaxial cable, fiber optic.
2. Media Unguided
Dipergunakan untuk komunikasi informasi mencakup radio siaran, gelombang mikro terrestrial, dan satelit sedangkan transmisi infra merah untuk beberapa aplikasi LAN.

D. Protocol
Sekumpulan aturan yang harus ditaati dua stasiun (komputer/terminal) sehingga data dapat dikirimkan dari satu stasiun ke stasiun lainnya. Protokol juga berisi aturan-aturan penyesuaian detak pada   penerima , untuk menentukan stasiun mana yang memiliki kendali atas sambungan, untuk mendeteksi kesalahan, dan untuk mengatur aliran data.

Demikian rangkuman dari materi Komunikasi data dari KunKom, untuk materi Enkripsi yang juga ada dalam Komunikasi data akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya terimkasih sudah membaca artikel ini.




0 Response to "Komunikasi Data Rangkuman Materi Kuliah Oleh KunKom"

Post a Comment

Berkomentarlah yang Bijak.... Untuk memajukan blog ini Terimakasih